KPK Belum Juga Putuskan Nasib Anas

Ketua Umum DPP Partai Demokrat
Anas Urbaningrum berpidato di hadapan pengurus anak cabang
se-Kabupaten Lebak, Banten
JAKARTA — Hingga memasuki hari ketiga pekan ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum melakukan gelar perkara kasus Hambalang yang terkait dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas memastikan, belum ada gelar perkara hingga Rabu (20/2/2013) pagi ini.

"Tidak ada. Ditunda, hari ini belum," kata Busyro di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta. 

Saat ditanya kapan persisnya KPK akan melakukan gelar perkara atau ekspose, Busyro mengatakan, hal itu akan disampaikan kepada media jika sudah saatnya. Busyro pun mengaku tidak berani berjanji mengenai penetapan status Anas tersebut. 

"Saya menghindari janji-janji, saya enggak berani janji, yang penting kami tidak berhenti," kata dia. 

Dalam gelar perkara, KPK akan menentukan ada tidaknya tersangka baru dalam kasus Hambalang. Juru Bicara KPK Johan Budi pada pekan lalu mengungkapkan, bakal ada gelar perkara Hambalang pada pekan ini. Gelar perkara kasus Hambalang, menurut Johan, akan digelar pada hari Senin, Selasa, atau Rabu pekan ini.

Belum adanya gelar perkara kasus Hambalang setidaknya memastikan status hukum Anas masih aman. Sejauh ini, Anas juga bukan merupakan saksi dalam kasus Hambalang. Mantan Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam ini memang pernah dimintai keterangan, tetapi saat itu penanganan kasus Hambalang masih dalam tahap penyelidikan. Tidak ada status hukum bagi seseorang ketika dia dimintai keterangan pada penyelidikan di KPK.

Sumber: fokusmanadonews
Share this post :

Post a Comment

 
© 2013 - Fokus Sulut | Tabel Berita - Manado - Bitung - Tomohon - Kotamobagu - DPRD - Politik - Pemprov - Olahraga - Selebriti | Redaksi
| Desainer by Fokus Manado - Blogger