KPU Tetapkan Jadwal Pendaftaran Balon Walikota Kotamobagu

Nayodo Kurniawan
Kotamobagu,Vox Sulut – Untuk mengindari gesekan antar pendukung  saat pendaftaran Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kotamobagu,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu mengatur hari pendaftaran dari masing-masing partai pendukung secara berhati-hati.
Diantaranya lewat  pengundian terhadap tiga Parpol pengusung Balon walikota dan wakil walikota. Diketahui, tiga calon pengusung tersebut yakni Partai Demokrat dan Partai Barnas, koalisi Poros Kotamobagu (PKS, PKB dan PPP)  serta   gabungan partai nonseat yang terdiri 14 partai,   bersikeras meminta  pendaftaran dilakukan pada hari yang sama yakni Sabtu (16/03).
Dari pengundian yang digelar   di ruang Media Center KPU Kotamobagu, Sabtu (09/03) akhir pekan lalu,  Demokrat dan Barnas akan mendaftar pada Kamis (13/03) pagi. Sementara tiga partai koalisi PKS, PKB dan PPP akan mendaftar pada Sabtu (16/03) pagi, akhir pekan depan. Sedangkan  partai gabungan yang tak memiliki kursi di DPRD Kotamobagu mendapat jadwal pada Sabtu, pukul 16.00 WITA.
Sementara Partai Amanat Nasional (PAN) memperoleh jadwal Kamis (14/03) pukul 11.00 WITA. Partai yang berlambang matahari ini sudah menetapkan Balon Walikota dan Wakil Walikota, Tatong Bara dan Jainuddin Damopolii.
Selanjutnya Partai Golkar dan PDI-P akan mendaftarkan pasangan Djelantik Mokodompit-Rustam Simbala pada Jumat (15/03), pukul 14.00 WITA. Sementara PBB yang juga berencana mengusung pasangan calon sendiri mendapat jadwal pada Jumat (15/03) pagi.
Diketahui, KPU Kotamobagu telah menetapkan jadwal pendaftaran pasangan calon yakni Minggu (10/03) sampai dengan Sabtu (16/03) pekan depan. Pada rapat koordinasi tersebut, Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Kurniawan memberikan kesempatan kepada bakal pasangan calon dan tim pengusung untuk melakukan beragam kegiatan pada saat pendaftaran. Hanya saja, KPU menetapkan kegiatan tersebut dilakukan di Sekretariat KPU. Namun Nayodo meminta agar konvoi tidak berlebihan. “Dari sekretariat (masing-masing pengusung) langsung datang ke sekretariat pendaftaran, setelah itu pulang ke tempat masing-masing,” kata Nayodo.
Sementara personil Pengawas Pemilihan Umum Kepala Daerah (Panwaslukada) Shakespeare Makalunsenge berharap semua partai dan pasangan calonnya mematuhi aturan yang berlaku.  “Kami akan mengawasi tanpa pandang bulu. Panwas melakukan hal tersebut berdasarkan aturan bukan karena interest apa pun. Laksanakan pemilukada sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Shakespeare.(tim)
Share this post :

Post a Comment

 
© 2013 - Fokus Sulut | Tabel Berita - Manado - Bitung - Tomohon - Kotamobagu - DPRD - Politik - Pemprov - Olahraga - Selebriti | Redaksi
| Desainer by Fokus Manado - Blogger