Wali Kota Bawah 200 M ke Manado

Wali Kota Manado, Dr. Ir. GS. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA saat pantau rawan bencana di Manado

Manado, VoxManado - Pasca bencana banjir 17 Februari silam, berbagai upaya dan terobosan terus dilakukan Wali Kota Manado, G.S. Vicky Lumentut.

Salah satunya, Senin (25/2) lalu memasukan proposal ke BNPB dan berhasil meyakinkan Dody Ruswandy selaku Deputy Kedaruratan BNPB dan para Direktur yang menangangi kedaruratan memberikan bantuan ke Pemerintah Kota Manado untuk merelokasi rumah-rumah yang rusak berat akibat bencana banjir dan longsor.

Dalam upaya mengatasi bencana, Wali Kota Manado juga berhasil menggolkan proposal dan telah mendapat persetujuan dari Kementerian PU untuk membangun tanggul di sepanjang sungai Tondano.

"Sudah ok pembuatan tanggul sepanjang DAS Tondano dari pasar Bersehati ke jembatan Kairagi dari Kementrian PU melalui dana JICA sebesar 200 miliar," kata Wali Kota.

Lanjut, Kementerian PU meminta pemerintah kota Manado untuk membebaskan tanah di samping kiri dan kanan minimal 10 meter dari tepi sungai Tondano untuk dibuatkan tanggul dan jalan, inspeksi dan pelaksanaannya akan dimulai pada tahun 2013 ini.

"Sesuai rencana dalam waktu dekat ini, Wali Kota yang selalu membaur dengan masyarakat ini akan ke Jakarta untuk melaporkan jumlah bangunan yang akan dibebaskan, juga walikota akan melaporkan jadwal rencana pembebasan lahan/tanah di sisi kiri dan kanan sepanjang DAS Tondano,"tuturnya.

Selain itu, Wali Kota akan mengkonsultasikan lokasi atau tempat-tempat yang akan dibuatkan tambahan jembatan khusus untuk pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

"Saya harapkan dukungan warga yang akan kena dengan proyek ini karena dengan terbangunnya tanggul ini, warga yang selama ini selalu dilanda banjir akan terlindungi,"jelas Wali Kota seraya menambahkan, pembuatan tanggul sungai Tondano yang akan dimulai pada tahun 2013, konstruksinya dilakukan oleh pemerintah pusat.

"sedangkan sharing/kontribusi dari pemerintah kota Manado adalah pembebasan lahan. sungai lainnya seperti Sario dan Bailang juga akan dibuatkan tanggul pada bagian yang rendah, yang airnya selalu meluap saat banjir. Dua tiga tahun ke depan akan ada panorama baru di kota Manado jika sungai sudah direvitalisasi,"tandasnya.


Sumber: fokusmanado.com
Share this post :

Post a Comment

 
© 2013 - Fokus Sulut | Tabel Berita - Manado - Bitung - Tomohon - Kotamobagu - DPRD - Politik - Pemprov - Olahraga - Selebriti | Redaksi
| Desainer by Fokus Manado - Blogger